5 Jajanan Khas Daerah yang Ada Indonesia

 Bicara tentang  kuliner Indonesia, rasanya tak lengkap bila tidak mengikut sertakan jajanan pasar. Jajanan pasar pada umumnya adalah makanan tradisonal atau khas. Ada beberapa makanan yang nama nya terkenal seperti kue lapis, lontong, lemper, onde-onde dan masih ada banyak lagi.

Terdapat fakta bahwa beberapa jajanan pasar yang kita kenal, ternyata merupakan hasil akulturasi budaya dengan bangsa lain. Disebut jajanan pasar karena kue tersebut lebih banyak dijual di pasar tradisonal. Dulu makanan ini di gemari oleh masyarakat berbagai kalangan dan para pekerja. Pada awalnya jajanan pasar banyak di jual di pelabuhan. Sebab di pelabuhan banyak interaksi antara sesama pedagang juga masyarakat sekitar. Sebab pelabuhan ini juga dijadikan tempat perniagaan awal mula akulturasi, tak terkecuali makanan.  

Jajanan yang ada di Indonesia kebanyakan dipengaruhi dari China seperti kue ku, dodol, kue mochi atau bapao pasar. Pada kue khas indonesia kebanyakan di serap dari budaya China yang biasanya menggunakan tepung beras.

Jajanan yang menggunakan tepung terigu merupakan berasal dari budaya barat karena Indonesia bukan penghasil gandum sedangkan kue tradisonal Indonesia kebanyakan memakai umbi umbian.  Dari perpaduan inilah lahir jajanan pasar Indonesia yang kita kenal sampai sekarang. Kue Indonesia asli, setiap bahannya memiliki arti tertentu misal ketan melambangkan budaya kumpul. Gluten ketan tinggi mengakibatkan satu butiran yang lain menjadi lengket.   Rasa manis juga mempunyai arti yang artinya adalah perkumpulan antara kerabat atau sahabat yang menimbulkan momen yang indah dan manis. Itu juga yang menjadi jajanan pasar di jadikan hidangan untuk acara kebersamaan terutama pada saat bulan ramadhan seperti sekarang.

Tapi masih banyak aneka hidangan dari berbagai daerah. Bagi kalian yang ingin berbuka dengan aneka jajanan pasar boleh dicoba beberapa diantaranya seperti:

  1. Kue Ranggi
 Jajanan khas ini merupakan jajanan yang berasal dari daerah timur Indonesia. Memang jajanan ini sudah jarang kita temui di kota-kota besar seperti Jakarta. Bahan-bahannya cukup mudah, hanya kelapa parut yang kering lalu di bakar dan hanya disajikan dengan gula merah dikombinasikan dengan sagu.
  1. Kue Ketawa

Kue ini sangat mirip dengan kue onde-onde tapi kue ini tidak ada wijen yang menaburi keseluruhan kue. Jajanan ini adalah hidangan khas betawi. Biasa dimakan ditemani kopi.
  1. Otak Otak
Otak otak awalnya adalah makanan yang berat dan suka di jadikan sebagai lauk. Tapi karena bentuknya kecil dan rasanya yang ringan. Ternyata otak otak berbahan dasar ikan, terutama ikan tengiri.
  1. Kipo
Kipo merupakan makanan ringan khas kota gede Yogyakarta. Konon jajanan ini sangat di senangi oleh bangsawan kraton Mataram. Kipo di buat dari bahan ketan, santan, gula dan garam. Sedangkan warna hijau berasal dari daun suji dan daun pandan. Bila ingin berburu kipo datanglah ke desa mondorakan kota gede.
  1. Kue Lumpur


Kue ini bertekstur lembut dengan aroma pandan dan vanili yang menjadi kelebihan makanan ini hingga banyak di gemari. Konon, nama kue ini berasal dari teksturnya yang sangat halus seperti lumpur.

0 Response to "5 Jajanan Khas Daerah yang Ada Indonesia"

Post a Comment