5 Olahraga yang Di Lakukan Saat Sedang Berpuasa


Ramadhan telah tiba. Walaupun berpuasa, olahraga juga harus kita lakukan supaya kebugaran dan kesehatan tubuh dapat tetap terjaga. Berpuasa bukanlah halangan untuk menjalankan rutinitas berolahraga yang biasa Anda lakukan ketika sedang tak berpuasa.

Mengeluarkan keringat ketika berpuasa akan mengusir rasa ngantuk yang sering terjadi di saat kita sedang melaksanakan ibadah puasa. Oleh karena itu kita juga harus memilih olahraga yang pas untuk dilakukan oleh kita agar badan kita juga tetap fit dalam melaksanakannya.

Berikut ini beberapa olahraga ringan yang dapat Anda lakukan selama berpuasa.
  1. Jalan Cepat

Jalan cepat adalah olah raga yang bisa dilakukan pada saat menunaikan ibadah puasa, karena jalan cepat atau lari cepat adalah olah raga yang sangat ringan. Lakukanlah selama 30 menit, olah laga ini akan membantu Anda tetap bugar dan fit. Anda juga bisa melakukan jalan-jalan bersama teman atau pun keluarga ketika menjelang berbuka puasa.
  1. Treadmill / Jogging Ringan
Olah raga yang bisa dilakukan saat kalian sedang menunaikan ibadah puasa yang kedua adalah treadmill atau sering disebut jogging ringan. Treadmill atau jogging sangat di anjurkan pada mereka yang sedang berpuasa. Lakukanlah jogging setelah makan sahur karena waktu yang paling tepat adalah waktu pagi hari karena tubuh Anda masih menyimpan banyak energi. Bisa juga dilakukan pada saat menjelang berbuka puasa.  Lakukanlah jogging selama 20 atau 30 menit saja karena kalau berlebihan bisa membuat Anda lemas saat berpuasa.
  1. Bowling
Olah raga ringan yang ketiga adalah bowling. Olah raga yang satu ini memang sangat cocok untuk dilakukan saat sedang menunaikan ibadah puasa, karena yang sifatnya bermain dan bersenang senang. Olah raga ini dapat membantu Anda menjadi lebih rileks  saat berpuasa. Anda juga bisa bermain bowling bersama teman atau keluarga sambil menunggu berbuka puasa. Olah raga ini juga menyehatkan badan, dan bisa membantu orang lain menjadi bahagia.
  1. Bersepeda
Olah raga yang ke empat adalah bersepeda. Jenis olah raga ini sangat pas di lakukan pada saat Anda sedang berpuasa karena olah raga ini sangat disarankan karena olah raga ini dapat menjaga kebugaran dan Anda tidak akan cepat lelah karena olah raga ini tidak banyak menggunakan energi tubuh. Oleh karena itu Anda tidak akan cepat lelah. Bersepeda juga bisa membakar lemak atau kalori yang ada didalam tubuh kita. Lakukanlah aktivitas bersepeda 30 sampai 45 menit pagi atau sore hari pada saat menjelang berbuka.
  1. Yoga
Olah raga yang kelima adalah yoga. Yoga adalah olah raga yang tepat untuk Anda yang sedang puasa karena yoga akan menjaga Anda tetap tenang dan rileks. Yoga sudah terbukti bisa mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh Anda. Olah raga yoga sangat di fokuskan pada pernapasan sehingga bisa membantu menyebarkan oksigen ke dalam otak. Oleh karena itu pikiran Anda akan lebih tenang dan jernih dan hati Anda pun akan terasa lebih tenang.

Itulah beberapa olah raga ringan yang bisa Anda lakukan saat Anda sedang menunaikan ibadah puasa.

0 Response to "5 Olahraga yang Di Lakukan Saat Sedang Berpuasa"

Post a Comment