7 Fakta Unik Tentang Soekarno

Tentunya kita mengetahui Presiden Pertama Indonesia. Ir.Soekarno merupakan Presiden Pertama Republik Indonesia. Kehebatannya telah terkenal sampai ke mancanegara. Berikut ini adalah fakta yang unik tentang Presiden Pertama RI.
  1. Tentara Kuat
Pada era Soekarno, TNI pernah menjadi sangat kuat sekali dan sangat disegani di mata dunia. Bahkan tentara Belanda juga tidak bisa berkutik pada waktu itu. Hal ini telah dibuktikannya pada zaman Trikora, yaitu pemicu perebutan kembali Irian dari tangan penjajah, Belanda. Pada waktu itu tahun 1960, militer Indonesia mempunyai kapal perang yang paling cepat dan juga paling besar yang ada di dunia. Kapal tersebut buatan Sovyet. Kapal tercepat dan terbesar tersebut diberi nama KRI Irian yang mempunyai berat 16.640 ton dan diawaki oleh 1.270 pelaut.
  1. Jago Diplomasi
Ir. Soekarno sudah diakui oleh mata dunia sebagai seorang diplomat yang ulung. Dia sangat pintar sekali untuk melakukan diplomasi untuk bisa mendapatkan keuntungan untuk bangsa Indonesia. Salah satu bukti yang nyata yaitu keberhasilan mendapatkan bantuan kapan perang dari Uni Soviet. Ini merupakan kapal yang sangat besar sekali dan juga tercepat yang ada di dunia. Uni Soviet belum pernah sama sekali memberikan kapal terhadap negara yang lainnya yang ada di dunia ini. Indonesia adalah salah satu negara yang mendapatkan bantuan dari Uni Soviet. Bantuan militer dari Uni Soviet yaitu mencapai USD 2,5 milyar. Jumlah ini tentunya sangat fantastis sekali.
  1. Pemberani
“Persetan dengan bantuanmu!” kata-kata tersebut pernah diucapkan oleh Ir. Soekarno terhadap negara Amerika Serikat. Kata-kata yang keras tersebut dikeluarkan dikarenakan Ir. Soekarno melihat ada maunya ketika Amerika membantu Indonesia. Sifat bantuan dari Amerika tersebut tidak tulus. Namun digunakan sebagai bahan untuk menekan negara yang menerima untuk dapat memerangi paham komunisme yang ada di daerah Asia.

  1. Pemaaf
Meskipun negara Indonesia sudah dijajah oleh Belanda kurang lebih 3,5 abad dan Negara Jepang selama 3,5 tahun, namun Ir. Soekarno tetap bisa menjalin hubungan diplomatiknya dengan Belanda dan juga Jepang. Bahkan Ir. Soekarno sempat menjadi tamu kehormatan dan juga dijamu makan siang di Jepang yang disambut langsung oleh Kaisar dan Pangeran Jepang.
  1. Mengembalikan Fungsi Tempat Ibadah
Di Negara Uni Soviet, tepatnya di Saint Petersburg terdapat masjid yang bernama Masjid Biru. Sebelumnya Masjid Biru tersebut tidak digunakan untuk ibadah, namun untuk menyimpan senjata. Perlu kita ketahui bukan hanya masjid saja yang disalahgunakan oleh Uni Soviet, namun tempat ibadah yang lain juga di salah gunakan untuk menyimpan senjata seperti gereja dan tempat ibadah yang lainnya. Kemudian Ir. Soekarno membujuk terhadap pimpinan Uni Soviet pada waktu itu untuk bisa mengembalikan fungsi dari tempat Ibadah termasuk fungsi dari Masjid Biru.
  1. Menemukan Makam Ulama Ternama
Siapa sih umat Islam yang tidak tahu Imam Bukhori. Imam Bukhori adalah salah satu ulama yang paling terkenal sebagai perawi hadits yaitu yang menceritakan perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW. Namun jejak dari Imam Bukhori sampai makamnya berada masih belum banyak diketahui pada waktu itu. Ketika Nikita Kruschev mengundang Bung Karno ke Rusia, ternyata Bung Karno memberikan syarat kepada Nikita Kruschev yaitu harus bisa menemukan makam ulama Imam Bukhori. Pada akhirnya makam dari Imam Bukhori ditemukan di Samarkand. Ketika ditemukan, makan Imam Bukhori ini kurang terawat. Namun karena kedekatan Bung Karno dan pemerintah Uni Soviet pada waktu itu, maka makam Imam Bukhori dipercantik dan juga diperindah. Sampai sekarang makam dari Imam Bukhori tetap terawat dengan sangat baik dan banyak sekali orang yang melakukan ziarah ke makam Imam Bukhori.
  1. Usulan Membuat Padang Arafah Menjadi Sejuk
Umat muslim yang sedang menjalankan ibadah haji tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Padang Arafah. Padang yang dahulunya sangat tandus sekali dan tidak terdapat pepohonan yang ditanam. Sehingga para jamaah yang sedang melaksanakan Ibadah Haji sangat kepanasan. Sampai pada waktu itu Bung Karno mengusulkan terhadap raja Fahd agar menanam pohon-pohon di Padang Arafah tersebut. Usulan dari Bung Karno pun di terima dengan baik. Karena usulannya tersebut, sekarang ini kita dapat melihat Padang Arafah yang dahulunya tandus sekarang ini menjadi rimbun penuh dengan pepohonan. Bahkan pepohonan tersebut kini diberi nama Pohon Soekarno.

0 Response to "7 Fakta Unik Tentang Soekarno"

Post a Comment