Beberapa Cara Mengajak Anak Untuk Berpuasa

Pada bulan ramadhan, semua umat muslim yang sudah mengetahui sarat yang sudah diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Di samping itu orang dewasa, alangkah baiknya mengajari anak – anak untuk belajar berpuasa. Dengan belajar berpuasa, anak – anak sudah mengenal agama dan melatih mereka bagaimana cara untuk mengendalikan diri.
Ajaklah Anak untuk Berpuasa


Kita bisa mengajak anak berpuasa mulai dari umur lima hingga enam tahun. Hal yang pertama kita lakukan yaitu mengajak terlebih dahulu untuk berpuasa. Dalam mengajak, kita tidak harus mengajak anak dengan paksaan. Pertama diberitahu terlebih dahulu. Dia akan penasaran tentang puasa. Kalau anak sudah penasaran, maka kita bisa menjelaskan sedikit demi sedikit tentang apa puasa itu dan bagaimana cara menjalankannya.
Masak Makanan yang Disukai


Disaat anak sudah mau menjalankan ibadah puasa dan mencoba untuk berpuasa, kita juga harus memberinya sedikit hadiah. Hadiah tersebut, bisa makanan yang dia sukai untuk berbuka puasa dan juga sahur. Kita perlu menanyakan menu favoritnya supaya dia tahu bahwa dia terlibat dan di beri apresiasi atas usahanya untuk bisa bepuasa yang dia lakukan. Dengan demikian, anak kita bisa semakin semangat untuk menjalankan ibadah puasa.
Perbolehkan Anak Tidur Siang


Disaat anak sedang menjalankan ibadah puasa, kita sebagai orang tua tentu bisa merasakan kantuk yang teramat pada siang hari. Rasa ngantuk yang akan muncul ketika tidak ada pekerjaan yang dilakukan. Dan begitu pula yang di rasakan oleh anak kita, pada saat siang hari dengan cuaca yang sangat panas, anak-anak akan merasa mengantuk. Dengan demikian, perbolehkan anak-anak untuk tidur siang. Tidur siang akan membantunya untuk tetap dapat melaksanakan ibadah puasa sehari penuh. Hal tersebut juga akan membantunya untuk tetap terjaga saat ikut melaksanakan ibadah lain yaitu shalat tarawih. Tentu mudah bukan membuat anak Anda tidur siang?
Puji Keberhasilannya


Bukankah senang rasanya sebagai orang tua ketika melihat anaknya dapat menjalankan ibadah puasa? Kesenangan yang Anda rasakan sebaiknya tidak melulu Anda perlihatkan dengan memberikannya hadiah.

0 Response to "Beberapa Cara Mengajak Anak Untuk Berpuasa"

Post a Comment