5 Fakta UnikTrofi Liga Champions yang Belum Banyak Diketahui

Turnamen sepak bola terbesar di eropa yang sangat terkenal bahkan ditunggu-tunggu jutaan orang pencinta sepakbola adalah gelaran Liga Champions. Sepanjang sejarah, tercatat ada 5 klub eropa yang berhak untuk menyimpan trofi asli liga champions ini selama beberapa bulan. Klub tersebut adalah Real Madrid, Ajak, Bayern Munchen, Ac Milan dan juga Liverpool.
Banyak dari klub eropa yang mempersiapkan skuad timnya untuk memenangkan gelar “si Telinga Besar” tersebut. Karena dengan memenangkan gelar tersebut, maka famor klub yang juara akan naik, begitu pun dengan liga yang dijalaninya atau liga domestik.
Menurut peraturan UEFA, sejak musim liga champions 1968-1969, tertera di peraturan itu bahwa setiap klub yang memenangkan liga champions 5 kali atau juara 3 tahun berturut-turut, maka klub tersebut dapat menyimpan piala atau trofi liga champions untuk menyimpan galeri atau sebagai koleksi dalam beberapa bulan, sebelum dikembalikan pada pihak UEFA.
Di era milenium baru, tepatnya sejak musim 2000/2001, terdapat peraturan baru yang lebih simpel, yaitu dengan UEFA memberikan Badge of Honour (BoH) dimana BoH ini diberikan pada tim yang telah memenangkan banyak gelar seperti Real Madrid, Ajax,, Bayern Muchen, Ac Milan, Liverpool, hingga Barcelona.
ada beberapa fakta unik yang terjadi pada liga championns yang mungkin belum diketahui oleh para pencinta sepakbola.
  1. klub yang pertama menyimpan trofi liga champions adalah Real Madrid pada tahun 1967
  2. klub ibu kota Belanda yaitu Ajax Amsterdam menjadi klub pertama yang menjuarai liga champions 3 kali berturut-turut pada tahun 70-an
  3. liga champions yang digelar sejak dulu, pernah mengalami perubahan besar, khususnya pada sisi kompetisi. Di kompetisi baru ini, yang diberlakukan pada musim 1992-1993, klub asal prancis, Marseille menjadi klub pertama yang menjuarai Liga Champions.
  4. The reds alias Liverpool, menjadi klub terakhir yang berhak menyimpan trofi asli selama beberapa waktu dan mendapat trofi replika permanen pada tahun 2005
  5. Trofi Liga Champions memilikitinggi 73,5 cm danlebar 46,5 cm. “Si TelingaBesar” inimemilikiberat 7,5 kg

0 Response to "5 Fakta UnikTrofi Liga Champions yang Belum Banyak Diketahui"

Post a Comment