5 kebiasaan yang tanpa disadari membahayakan pada tubuh kita

Begadang, merokok, atau berlebihan dalam meminum kopi adalah beberapa contoh kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus kita hindari agar tidak berdampak pada kesehatan tubuh kita. Dengan menghindari itu semua, maka tubuh kita akan sehat dan bisa terjaga dengan baik.

Lebih parahnya lagi, kebiasaan-kebiasaan diatas sering kita lakukan walaupun kita sudah mengetahui dampak buruk yang diakibatkan oleh kebiasaan tersebut. Akan tetapi, bagaimana apabila kita melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kita sadari, hal itu bisa berdampak negatif pada tubuh kita, malah kita sudah menganggap hal itu dinilai menyehatkan. Kebiasaan tersebut antara lain.

  1. Setelah makan langsung menyikat gigi
Dulu ketika kecil, orang tua sering menyuruh kita untuk menyikat gigi langsung setelah kita selesai makan. Dan waktu kecil, kita langsung saya mengangguk-ngangguk. Sebenarnya, saran yang paling ideal untuk menggosok gigi setelah makan, bukan dalam rentang waktu 5 hingga 10 menit. Tapi kita harus memberikan rentan waktu yang lama, sekitar setengah hingga satu jam. Kenapa demikian? menyikat gigi langsung setelah makan dapat mendorong asam yang ada di mulut. Dan bukan pasta gigi yang menyebabkan hal itu, tapi pergerakan saat kita menyikat gigi.

  1. Memainkan Ponsel dijadikan kebiasaan sebelum tidur
Ponsel atau smartphone menjadi hal yang menarik di mainkan sebelum tidur. Dalam tubuh kita terdapat Hormon Melatonin yang berfungsi sebagai pengatur jam tidur alami. Dengan memainkan ponsel sebelum tidur, maka Hormon Melatonin pada tubuh kita akan berkurang jumlahnya akibat cahaya yang di hasilkan oleh ponsel kita, terlebih lagi ketika kita memainkannya pada saat lampu dimatikan, karena akan berdampak juga pada kerusakan mata kita.

  1. Selalu menggunakan sabun anti bakteri untuk mencuci tangan
Bukannya mencuci tangan dengan sabun itu baik untuk memberantas kuman atau bakteri? penyataan itu tidak sepenuhnya benar. Faktanya ada beberapa bakteri yang berfungsi untuk pelindung bagi tubuh kita. Alih-alih ingin menjadi sehat dan  bersih, kita malah menyingkirkan “bakteri baik” jika kita terus menerus membersihkan tangan kita dengan sabun. Disamping itu, nantinya kuman atau bakteri berbahaya bisa masuk ke tubuh kita tanpa ada pelindung. Cobalah untuk mengurangi mencuci tangan dengan sabun anti bakteri.

  1. Memakai Parfum di Ruang Tertutup
Parfum menjadi pelengkap yang sering kita pakai untuk membuat tubuh kita menjadi wangi atau membuat penampilan kita menjadi lebih pede. Aromanya yang wangi juga bisa dimanfaatkan oleh beberapa orang yang malas mandi agar bisa tetap harum.
Kebanyakan parfum yang sering kita pakai memiliki kandungan sintetis, dimana sintesis itu menimbulkan rasa pusing, mual, dan iritasi pada kulit, terutama jika kita memakainya di dalam ruangan tertutup. Usahakan untuk memakai parfum di tempat terbuka seperti taman, lobi hotel, dan lain-lain.

  1. Menggunakan kantong plastik untuk menyimpan/membungkus makanan
Kantong plastik memiliki zat bahaya yang bisa meresap pada makanan. Maka dari itu menyimpan makanan terlalu lama dalam plastik bisa menyebabkan bumerang pada kesehatan tubuh kita.

0 Response to "5 kebiasaan yang tanpa disadari membahayakan pada tubuh kita"

Post a Comment