6 kesibukan mahasiswa berdasarkan semesternya

Ketika kita menjadi mahasiswa, tentu itu berbeda ketika kita menjadi siswa. Tanggung jawab dan kesibukan tentu berbeda juga. Walaupun pada umumnya jadwal di perguruan tinggi tidak sebanyak ketika kita masih siswa, namun mahasiswa terdapat kegiatan-kegiatan yang diikuti dan itu pun pasti bakal menyita waktu kita. Disamping itu juga, kesibukan tiap mahasiswa pasti berbeda-beda tergantung mereka ada di semester berapa. Apa saja kesibukan mereka berdasarkan semesternya? simak dibawah ini.
  1. Semester 1-2: Kuliah-main-Fashion
Pada semester awal, tidak sedikit dari mahasiswa yang disibukan dengan kuliah, main, da fashion atau penampilan. Pada awal perkuliahan, mahasiswa akan berfokus untuk mendapatkan IPK yang tinggi. Karena semester tersebut mata kuliah yang diajarkan mudah atau masih dasar dan jadwal perkuliahannya juga tidak terlalu padat.

Karena jadwal perkuliahan yang tidak terlalu padat, maka mahasiswa mengisi waktu luangnya untuk bermain dalam rangka menghilangkan penat dengan kuliah dan menghilangkan penat dari tugas-tugas. Selain sibuk dengan kuliah dan main, mahasiswa terutama mahasiswi biasanya sibuk dengan penampilannya hal itu bertujuan untuk memiliki ‘image’ yang baik pada lingkungan sekitar.
  1. Semester 3: Organisasi
Pada semester 3 ini, mahasiswa disibukan dengan memilih organisasi mana yang bisa menggali potensi dirinya dan juga memilih UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) untuk bisa mengembangkan minat dan bakat mahasiswa tersebut. Disamping itu juga untuk menambah teman, koneksi dan pengalaman.
  1. Semester 4: Cari Pasangan
Pada semester 4, mahasiswa mulai beranggapan bahwa semester ini merupakan waktu yang tepat untuk mencari pasangan sebelum disibukan dengan magang, PPL, dan KKN. Sehingga ketika kita disibukan dengan ketiga tersebut, kita sudah mempunyai pasangan untuk menyemangati kita.
  1. Semster 5-6: Magang & PPL
Menginjak pada tingkatan yang tinggi yaitu pada semester 5, mahasiswa akan disibukkan dengan magang dan PPL. PPL atau program pengalaman lapangan yaitu bertujuan untuk mempraktikkan keterampilan mengajar di suatu sekolah .sedangkan magang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam dunia pekerjaan.
  1. Semester 7: KKN & Skripsi
Mahasiswa semester 7 biasanya disibukkan dengan KKN dan skripsi. KKN atau kuliah kerja nyata adalah mengabdi kepada masyarakat. dalam KKN tersebut, masih mahasiswa disibukkan dengan pendaftaran mencari tempat dan lain-lain. selanjutnya mahasiswa disibukkan dengan menyusun skripsi, menyusun skripsi merupakan momok yang sangat menakutkan oleh para mahasiswa tingkat akhir. Mengapa? Karena pada penyusunan skripsi ini mahasiswa menjadi paling sibuk baik dalam mencari materi untuk skripsinya ataupun melakukan penelitian. Belum lagi ketika skripsi tersebut di revisi oleh dosen pembimbing jelas itu sangat sibuk sekali dan menjelkelkan.
  1. Semester 8: wisuda
semester 8 mahasiswa mulai disibukkan dengan wisuda. mulai dengan mencari tahu apa saja syarat-syarat wisuda, mencari perlengkapan, mencari pendamping dalam wisuda, dan masih banyak lagi. Setelah wisuda pun mahasiswa disibukkan dengan mengurus dokumen kelulusan dan juga untuk mencari pekerjaan.
Itulah penjelasan mengenai 6 kesibukan mahasiswa berdasarkan semesternya. semoga bermanfaat

0 Response to "6 kesibukan mahasiswa berdasarkan semesternya"

Post a Comment