Mengapa Hoax bisa mudah menyebar di internet ?

Zaman globalisasi yang penuh dengan maraknya teknologi dan komunikasi dimana-mana, suatu informasi bisa menyebar luas tanpa ada penyaringan darimanapun, Hal ini menyebabkan dari berita tersebut banyak yang tidak sepenuhnya benar atau sering kita sebut dengan hoax. Disamping itu, para ilmuwan terus mencari tahu alasan mengapa hoax bisa menyebar luas di dunia maya Kepada seluruh masyarakat di dunia.

Dikutip dalam sebuah jurnal Nature Human Behavior bahwa saat ini setiap orang dalam menyebarkan informasi apapun dan perhatian manusia juga bisa menjadi pemicu munculnya berita hoax khususnya di media sosial. Dan hoax ini juga bisa menyebabkan keresahan dikalangan masyarakat.

Sebelum jurnal tersebut menyimpulkan hal semacam itu, para peneliti telah menciptakan sebuah komputer untuk mendeteksi meme di internet. Fungsinya untuk mengetahui mana meme dengan kualitas tinggi dan mana meme yang berkualitas jelek.
Tetapi hasilnya sangat mengejutkan, setelah mendeteksi meme di internet, ternyata apapun kualitas meme tersebut, tetap saja penyebarannya sangat luas. Itu artinya bahwa kualitas suatu meme tidak mempengarui penyebarannya.

Seorang peneliti yang bernama Diego Fregolente Mendes de Oliveira dari India University, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa infomasi yang kualitasnya rendah seperti hoax bisa dengan mudah menyebar luas kepada pengguna internet khususnya yang menggunakan sosial media.

Ia juga menjelaskan bahwa perhatian manusia yang sangat terbatas tidak lagi bisa membedakan mana informasi yang berkualitas dengan mana informasi yang tidak berkualitas atau hoax. Disamping itu, dengan canggihnya teknologi di era sekarang yang membuat perhatian manusia yang terkesampingkan.
Di Indonesia sendiri yang populasi masyarakatnya sangat banyak dengan penggunaan media sosial, penyebaran suatu berita hoax dari suatu individu ke individu lainnya sangat besar kemungkinannya. Terlebih lagi masyarakat indonesia yang malas untuk mengkomfirmasi suatu berita sebelum menyebarkannya.

Ketika penyebaran berita hoax sudah luas, maka tidak bisa kita pungkiri akan terjadi suatu perpecahan antar daerah bahkan bisa jadi antar negara. Maka dari itu, sebelum kita menyebarkan suatu informasi, mari kita untuk mengkonfirmasi berita tersebut supaya berita hoax tidak ada.

0 Response to "Mengapa Hoax bisa mudah menyebar di internet ?"

Post a Comment