6 Manfaat Qurban Idul Adha



Menurut makna bahwa qurban atau pun kurban yaitu hewan sembelihan. Qurban yaitu salah satu ibadah di dalam agama Islam dengan cara melakukan penyembelihan hewan ternak yang dilakukan sebagai bukti pengorbanan umat muslim. Ibadah qurban sendiri di lakukan di bulan dzulhijah di dapam penanggalan hijriah yaitu tepatnya pada tanggal 10 dzulhijah. 

Berkurban mempunyai makna yang sangat mendalam sekali untuk dapat mengajarkan setiap umat muslim untuk rela mengorbankan apa yang dimilikinya hanya semata-mata ditujukan sebagai bentuk ketauhidan hanya terhadap Allah SWT. Sama halnya seperti manfaat dari zakat dan juga ibadah yang lainnya, ibadah qurban juga mempunyai manfaat untuk kehidupan pribadi atau pun untuk lingkungan. Berikut ini adalah manfaat dari qurban untuk diri sendiri.

1.    Memupuk rasa empati
Hikmah dari berkurban yaitu bisa melatih kita untuk mempunyai rasa peduli sosial. Kita yang selama ini mempunyai banyak kelebihan maka sudah seharusnya untuk bisa menyisihkan sebagian untuk di korbankan di dalam bentuk hewan ternak untuk kemudian dagingnya akan dibagikan terhadap orang yang sedang membutuhkan.
2.    Melatih diri untuk menjadi dermawan
Seorang yang mempunyai sifat yang dermawan tentunya perlu untuk dapat dilatih sampai menjadi sebuah kebiasaan. Menjadi seorang yang dermawan di dalam kebaikan banyak sekali manfaatnya. Untuk bisa menjadi seorang yang dermawan, perlu untuk dapat dilatih secara terus menerus dan juga bukan hanya sekali dua kali saja, namun harus terus dilakukan sampai menjadi sebuah kebiasaan. Jika kita sudah sering melakukan sedekah dalam bentuk harga, mungkin kita sudah bisa untuk dapat meningkatkan dengan cara berqurban di hari raya idul adha.
3.    Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah
Berqurban yaitu salah satu perintah dari Allah yang jelas telah tercantum di dalam Al-Quran. Di dalam manfaat memeluk agama Islam, ibadah qurban ini akan bisa untuk dapat menjaga bahkan bisa untuk dapat meningkatkan ketaqwaan kita terhadap Allah sehingga kita akan mempunyai iman yang sangat kuat dan juga tidak akan mudah untuk mengikuti hawa nafsu.
4.    Bekal pahala di hari akhir
Tentunya ibadah qurban ini akan menjadi amal yang baik yang tentunya akan dicatat oleh malaikat. Ibadah ini yang semata-mata ikhlas untuk kita lakukan sebagai bagian dari pengabdian kita terhadap Allah SWT akan dengan mudah mendapatkan pahala yang setimpal. Pahala seperti inilah yang nantinya akan bisa untuk dapat menyelamatkan diri kita di hari kiamat.
5.    Membangun sikap solidaritas
Ketika kita berqurban, sebaiknya kita harus bisa membaur dengan orang lain di dalam hal proses penerimaan, penyembelihan dan juga ketika membagikan daging hewan qurban. Terdapat hikmah yang lain yang bisa kita dapatkan di dalam kegiatan qurban ini. Manfaat hidup rukun ketika kegiatan qurban akan bisa untuk dapat membuat kita saling bekerjasama di dalam hal melakukan ibadah qurban ini. Setiap apa yang kita lakukan tentunya akan menjadi amalan yang sangat baik sekali. Oleh sebab itu akan membuat diri kita menjadi lebih bisa untuk bersosialisasi dan juga berhubungan baik dengan yang lainnya.
6.    Rezeki kita menjadi berkah
Ketika kita berkurban menjadi salah satu cara untuk dapat menjadikan apa yang selama ini kita tabung, harta benda yang kita miliki akan menjadi berkah dengan cara menggunakannya untuk beribadah. Bahkan manfaat dari qurban, akan bisa membahagiakan orang lain di dalam jalan keislaman.

0 Response to "6 Manfaat Qurban Idul Adha"

Post a Comment