Jenis Gigi Palsu

Gigi akan tampil dengan cantik jika keadaannya sehat, apalagi lengkap. Ketidak lengkapan gigi akan menjadi pembatas percaya diri kita. Pengetahuan kita akan jenis gigi palsu harus diketahui agar kita memiliki gigi yang sesuai dengan keinginan kita. Jenis gigi palsu yaitu:
Gigi palsu permanen
  1. Implant gigi (dental implant)
Gigi palsu yang langsung ditanam dalam gusi dan berdiri sendiri disebut implant gigi. Implant gigi ini terdiri dari 2 bagian yaitu gigi palsu implant yang ditanam dalam gusi berfungsi sebagai akar buatan, dan crown+abutment yang membentuk struktur mahkota giginya.
  1. Crown (mahkota tiruan)
Mahkota tiruan yang disebut crown dipasang untuk menggantikan struktur mahkota gig yang rusak seperti keropos, lubang dan patah. Crown hanya berfungsi untuk menggantikan mahkota gigi yang rusak tidak menggantikan akar gigi, dan akar gigi harus cukup kuat sehingga gigi tidak perlu dicabut.
  1. Bridge
Gigi tiruan pengganti yang permanen atau bridge adalah salah satu alternatif bagi pasien yang kehilangan 1 gigi atau lebih. Sebelum bridge dipasang, gigi-gigi disebelahnya harus dikecilkan dahulu karena bridge berbeda dengan implant yang ditanam di gusi, jadi bridge harus disangga oleh gigi-gigi disebelahnya.
  1. Maryland bridge
Maryland bridge hampir sama dengan bridge, hanya maryland bridge lebih ekonomis dan lebih cepat waktu pengerjaannya, serta lebih diminati oleh banyak orang. Maryland bridge sama dengan bridge yang harus disangga oleh gigi disebelahnya, tetapi maryland bridge tidak harus mengecilkan gigi disebelahnya, hanya perlu dipreparasi sedikit agar muat untuk dipasang penyangga.
Gigi palsu lepasan
  1. Akrilik
Akrilik adalah jenis gigi palsu lepasan yang paling ekonomis dibandingkan gigi palsu lepasan yang lain. Platnya yang tebal dan cengkraman kawat yang berguna untuk menambah pegangan ke gigi yang tersisa. Jika kehilangan 1, 2 gigi atau seluruh gigi dapat memakai gigi palsu lepasan akrilik.
  1. Valplast
Gigi palsu lepasan yang disebut valplast ini mempunyai tekstur yang lebih tipis dan lentur dibanding gigi palsu lepasan akrilik dan juga tidak menggunakan cengkraman kawat sehingga dapat digunakan dengan lebih nyaman. Jenis gigi palsu lepasan ini disarankan hanya untuk kehilangan gigi 1 atau beberapa gigi, tidak disarankan untuk mengganti semua gigi.
  1. Resin flexi
Resin flexi adalah jenis gigi palsu yang mirip dengan valplast yang tidak menggunakan cengkraman kawat, tetapi teksturnya yang lebih kaku dibandingkan valplast sehingga memiliki daya tahan lebih lama. Gigi palsu ini dapat digunakan untuk kehilangan 1 atau beberapa gigi, dan cocok untuk gigi tiruan lengkap.

0 Response to "Jenis Gigi Palsu"

Post a Comment