Sejarah Singkat Desa Cibereum Kabupaten Bandung



Desa Cibeureum terletak tepat di kaki gunung wayang dan termasuk ke wilayah kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Awal mulai desa ini dinamakan Cibeureum dikarenakan pada zaman Belanda sudah terjadi peperangan diantara Belanda dan warga yang berada di sekitar Desa Cibeureum. Hal ini disebabkan Belanda mempunyai obsesi untuk dapat menguasai daerah Cibeureum dikarenakan menurut Belanda bahwa di desa Cibeureum itu dapat memberikan banyak keuntungan yang sangat banyak untuk pihak Belanda seperti mempunyai lahan yang sangat subur serta luas dan juga mempunyai udara yang sangat sejuk. Oleh karena itu Belanda ingin memanfaatkan hal ini untuk bisa mengelola dan juga mengambil keuntungan yang besar dari hasil bumi serta perkebunan yang ada di desa Cibeureum.
Obsesi pihak Belanda tersebut tentunya sangat merugikan untuk warga Cibeureum dikarenakan warga Cibeureum hanya dipekerjakan paksa tanpa mendapatkan imbalan. Oleh karena itu hal seperti ini memicu perlawanan dari warga Cibeureum dan terjadilah peperangan diantara Belanda dan Warga Cibeureum. Peperangan ini terjadi hanya di dalam beberapa hari dan menewaskan banyak prajurit. Baik itu dari Belanda maupun dari warga pribumi. Di tengah peperangan yang sedang berlangsung, hujan turun sangat deras sekali yang seakan-akan ikut di dalam peperangan. Air hujan pun membawa darah para pejuang yang menjadi saksi dari perjuangan warga Desa Cibeureum sehingga kelihatan banyak air yang berubah warna menjadi merah. Dari sanalah daerah ini dinamakan dengan Cibeureum yang artinya Air Merah.
Setelah sekian tahun lamanya, kemudian ditemukanlah peninggalan-peninggalan sejarah seperti Tugu Helm Lima yang berada dekat dengan hulu sungai citarum yang menandakan semangat juang pahlawan ketika melawan Belanda. Selain itu terdapat juga patilasan dipatiukur dan banyak lagi peninggalan sejarah yang lainnya. Selain pengginggal sejarah, Desa ini juga mempunyai makanan yang khas yang resepnya tersebut turun temurun seperti apem, ali agrem, kue lapis dan yang lainnya.
Desa Cibeureum adalah pemekaran dari daerah kampung Cirawa Desa Nengkelan Kecamatan Pacet. Karena jumlah penduduk setiap tahunnya semakin banyak, maka pada tahun 70 an di mekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Sukapura dan Desa Cibeureum. Jumlah penduduk Desa Cibereum setiap tahunnya selalu mengalami pertambahan yang sangat banyak sekali sehingga Desa Cibereum dimekarkan menjadi lima desa yaitu Desa Cibeureum, Tarumajaya, Santosa, Neglawangi dan Cikembang. Kelima desa tersebut kemudian membentuk kecamatan yaitu kecamatan Kertasari yang berdiri pada tahun 1982.
Yang pertama mempin desa Cibeureum yaitu Bapak H. Muhammad Thoha, kemudian dilanjutkan oleh Bapak H.Atun, H. Asep Masrio, Didi Supendi, Ma;mur Mulyadi, Efi Nurtaufik Hidayat dan Atep Ahmad Syarif Hidayat. Kelima kepala desa tersebut tentunya telah memberikan kontribusi yang sangat luar biasa untuk kemajuan desa Cibereum.

0 Response to "Sejarah Singkat Desa Cibereum Kabupaten Bandung"

Post a Comment