Apa Yang Harus Dilakukan Agar Berhenti Merokok?

Rokok merupakan suatu barang yang dapat dikonsumsi oleh manusia yang telah diketahui berbagai penyakitnnya. Beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh bahaya rokok adalah seperti kanker, gangguan pernafasan, impotensi dan masih banyak lagi. Disamping itu juga, merokok dapat menyebabkan kenaikan berat badan, kulit kusam, dan sulit tidur.

Tidak sedikit orang yang menginginkan untuk berhenti merokok, tapi tidak sedikit juga orang yang gagal, itu salah satunya disebabkan karena terlanjur kecanduan dalam menkonsumsinya. Merokok tampaknya sudah menjadi candu bagi seorang yang menkonsumsinya, terlebih orang yang sudah ketergantungan pada rokok.

Dilansir dari Grid.ID. Rupanya ada cara ampuh untuk berhenti merorkok menurut para ahli. Peneliti dari Uninversity of Vermont mengemukakan bahwa cara ampuh yang bisa membuat orang berhenti merokok adalah dengan mengurangi jumlah nikotin pada rokok.
Peneliti tersebut melakukan suatu uji coba lapangan kepada dua kelompok orang. Kelompok pertama diberikan rokok dengan nikotin rendah dan kelompok kedua diberikan rokok yang biasa dijual belikan dipasaran yaitu rokok dengan nikotin tinggi. Hasilnya mengembirakan, kelompok dengan nikotin rendah, bisa berhenti merokok secara bertahap.

Dibandingkan dengan kelompok orang yang menkonsumsi rokok dengan nikotin tinggi, mereka akan tetap kecanduan dengan rokok tersebut. Jadi menurut peneliti atau menurut ilmu sains, untuk membuat perokok berhenti merokok adalah dengan mengurangi jumlah nikotin yang ada pada rokok tersebut.

Selain cara diatas, ada juga beberapa tips yang bisa menjadi referensi kita untuk berhenti merokok.
  1. Publikasikan keputusan anda untuk berhenti merokok
Biarkan teman-teman dan keluarga tahu, bahwa kita akan berniat untuk berhenti merokok agar ada orang yang mengingatkan kita jika kita ingin merokok.
  1. Tetapkan target waktu (2-3 Minggu)
Pastikan waktu yang bisa kita buat untuk mulai berkomitmen berhenti merokok, contohnya dengan 2-3 minggu.
  1. Hindari godaan makan setelah makan
Kebanyakan merokok paling enak adalah setelah selesai makan. Cara menghindarinya, setelah makan kita bisa membuat diri kita sibuk, contohnya dengan berjalan-jalan atau hal yang lainnya yang bisa menjauhkan kita dalam keinginan merokok.

0 Response to "Apa Yang Harus Dilakukan Agar Berhenti Merokok?"

Post a Comment