Asal Usul Nama “Bandung”

Kota Bandung merupakan kota metropolitan yang berada didaerah Jawa Barat dan menjadi ibu kota jawa barat. Kota Bandung menjadi kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Tapi apakahanda tahu bagaimana asal usul nama “Bandung” ?
Kata Bandung berasal kata Bendung atau Bendungan karena berasal dari lava gunung tangkuban parahu yang kemudian membentuk telaga. Beberapa fakta tentang kota Bandung adalah sebagai berikut.
1.      Julukan Kota Kembang
Sudah tidak asing di telinga kita tentang julukan kota kembang pada kota Bandung ini. Sejarahwan, Haryoto Kunto menulis, kembang yang dimaksud adalah Kembang Dayang atau lebih dikenal dengan PSK (Pekerja Seks Komersial).
Awal kota kembang ini berasal dari peristiwa pada tahun 1896, ketika Pengurus Besar Perkumpulan Pengusaha Perkebunan Gula memilih untuk menyelenggarakan kongres pertamanya dikota Bandung. Sebagai panitia kongres, maka Kota Bandung diminta untuk menyediakan ‘kembang-kembang’ atau ‘noni cantik’ untuk menghibur peserta kongres. Setelah kongres selesai, peserta kongres menyatakan puas dan sukses besar pada kongres ini. Dari situlah muncul julukan Kota Kembang.
2.      Julukan Paris Van Java
Dalam buku sejarah, Kota Bandung dikenal dengan nama Paris Van Java atau Paris-nya Jawa Barat. Mungkin banyak yang mengira bahwa kota Bandung sama dengan kota Paris, bukan itu alasannya. Faktanya pada zaman dulu, istilah Paris van java muncul karena kota Bandung tepatnya dijalan Dago waktu itu banyak took yang menjual barang-barang Paris, khususnya barang pakaian dan makanan.
Pakaian yang banyak dijual adalah pakaian dalam berbentuk gaun wanita yang modelnya sama seperti yang ada di Paris. Disamping itu juga, ada restoran yang menjual makanan khas Paris yaitu Maison Bogerijen. Yang menjadi santapan para pejabat hindia belanda ataupun bangsa eropa.dan dari situlah julukan Bandung seperti kota Paris berasal.
3.      Masa Kemerdekaan Kota Bandung
Pada tanggal 24 Maret 1946, para pejuang membakar sebagian kota Bandung sebagai bagian dari strategi perang. Peristiwa itu sering kita sebut dengan Bandung Lautan Api yang diabadikan dalam lagu ‘Halo-Halo Bandung’. Selain itu juga, sebutan Bandung Lautan Api diabadikan menjadi nama sebuah stadion sepakbola bertaraf Internasional, yaitu Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

0 Response to "Asal Usul Nama “Bandung”"

Post a Comment