Fakta-fakta tentang UGM (Universitas Gajah Mada)

Dikutip dari laman dikti.go.id pada tanggal 17 Agustus lalu, dikti mengumumkan bahwa saat ini ada 3 perguruan tinggi Indonesia yang masuk 500 besar dunia yakni Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI). Ketiga perguruan tinggi tersebut masuk dalam klaster 1 Perguruan Tinggi menurut Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Tak bisa kita pungkiri bahwa UGM sering menempati urutan pertama di Indonesia. Disamping itu juga, banyak setiap tahunnya calon mahasiswa yang mendaftarkan diri ke kampus yang berada di kota Jogja ini. Yuk kita mengenal lebih jauh lagi tentang UGM ini.

1.      Universitas pertama di Indonesia
UGM merupakan universitas tertua yang ada di Indonesia. Universitas yang diresmikan oleh Ir. Soekarno ini pada awalnya hanya memiliki 6 fakultas yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Hukum dan Fakultas Sastra dan Filsafat.
2.      Memiliki beragam program studi
Saat ini, UGM memiliki 18 Fakultas, 1 sekolah vokasi dan 1 sekolah pascasarjana dengan program studi yang mencapai 200 lebih yang terdiri dari jenjang S1 dan D3. Maka dari itu, UGM menjadi universitas yang cocok untuk anda yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi.
3.      Banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Setiap tahunnya mahasiswa baru akan dikenalkan pada lebih dari 50 UKM yang ada di kampus tersebut dengan cara mengadakan Gelanggang Expo. Selain itu juga, aka nada stand-stand yang menyediakan informasi dan pendaftaran UKM yang bersangkutan.
4.      Mencetak alumni yang berpengaruh untuk Indonesia
Joko Widodo, Anis Baswedan, Ganjar Pronowo adalah beberapa alumni UGM yang sangat berpengaruh dikancah per politikan Indonesia. Selain mereka, ada juga dari kalangan artis yaitu Artika Sari Devi.

Itulah contoh kecil keunikan universitas yang berlokasi di kota Jogja ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Fakta-fakta tentang UGM (Universitas Gajah Mada)"

Post a Comment