Mengenal Pahlawan Pergerakan Nasional, Douwes Dekker atau Dr. Setiabudi

Seorang bangsa barat yang mengaku dirinya adalah orang Indonesia, suku Jawa. Ia pernah dijuluki sebagai “penjahat Internasional” karena ia telah melawan agresi bangsa barat terhadap Asia dan Afrika. Ia juga pernah membantu pejuang-pejuang india untuk melawan penjajahan Inggris.
Orang itu adalah Ernest Eugene Douwes Dekker, yang sering kita kenal dengan nama Danudirja Setiabudi. Ia lahir pada tanggal 8 Oktober 1879 di Pasuruan, Jawa Timur. Ia memiliki darah keturunan Belanda, Jerman, Prancis dan Jawa. Ia menghabiskan masa SMA nya di HBS (SMA Belanda). Setelah menamatkan SMA nya, ia bekerja diperkebunan kopi di Malang. Namun setelah melihat perlakuan belanda terhadap pekerjanya, setelah memutuskan berhenti dari pekerjaannya, ia kemudian pergi ke luar negri dan bekerja menjadi guru kimia. Ia juga pernah mendaftarkan diri untuk ikut berperang melawan inggris di Afrika Selatan.
Setiabudi aktif dalam kegiatan organisasi, yaitu Komite Bumi Putera. Komite tersebut khususnya bermaksud menentang pemerintahan belanda yang akan meranyakan 100 tahun bebasnya dari penjajahan prancis, perayaan itu dilaksanakan di bumi Indonesia. Karena tindakannya itu, pada tahun 1913, Setiabudi dibuang  oleh pemerintah belanda selama lima tahun. Setelah itu ia kembali ke Indonesia dan mendirikan perguruan serta menanamkan rasa kebangsaan pada murid-muridnya
Setiabudi adalah orang sering keluar masuk penjara karena tindakannya yang menentang pemerintahan belanda. Terakhir ia dipenjara pada tahun 1941. Setelah itu ia membantu Indonesia secara diam-diam dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Setiabudi meninggal dunia di Bandung pada tanggal 28 Agustus 1950 sebagai seorang muslim. Atas jasanya dalam membantu membebaskan Indonesia, ia diangkat menjadi Pahlawan Pergerakan Nasional melalui Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 590/Tahun 1961, tanggal 9 Nopember 1961. Disamping itu juga, Setiabudi dijadikan salah satu nama jalan yang berada didaerah Bandung, tepatnya dekat UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), Jln. Dr. Setiabudi.

0 Response to "Mengenal Pahlawan Pergerakan Nasional, Douwes Dekker atau Dr. Setiabudi"

Post a Comment