Prinsip memimpin diri sendiri

Semua orang diciptakan untuk menjadi pemimpin, entah memimpin dari segi makro seperti negara, ataupun memimpin dari segi mikro seperti diri sendiri. Untuk memimpin diri sendiri, bukan lah hal yang mudah, melainkan kita harus bisa mengasah diri kita untuk terus bisa bermanfaat bagi orang lain. Karena sebelum kita mempimpin banyak orang, kita harus bisa memimpin diri kita sendiri. Lantas, bagaimana cara memimpin diri kita sendiri ?, mari simak beberapa cara dibawah ini.

1.      Yakin
Dalam memimpin diri sendiri, kita harus mempunyai suatu pegangan yang kuat yang bisa kita jadikan landasan dalam memimpin. Landasan itu adalah agama. Karena pada hakikatnya manusia memerlukan petunjuk-petunjuk dari sang pencipta, hal itu pun bisa membawa diri kita ke arah yang lebih baik.
2.      Tujuan Hidup
Setelah kita mempunyai keyakinan, maka selanjutnya kita harus memiliki tujuan hidup. Tujuan layaknya sebuah titik akhir kemana hidup ini akan dibawa. Jika seseorang tidak memiliki tujuan yang jelas, maka seseorang itu secara tidak langsung kita akan berusaha untuk bisa mewujudkannya. Tentunya untuk mewujudkannya di perlukan suatu usaha yang gigih pantang menyerah.
3.      Mengenali diri sendiri
Kita harus bisa memahami karakter diri kita sendiri. Bagaimana cara memahami karakter kita ? cara yang paling mudah untuk bisa memahami diri kita yaitu dengan selalu mengevaluasi setiap tindakan dan perilaku yang kita lakukan sehari-hari.
4.      Bertanggung Jawab
Seseorang cenderung sulit untuk bertanggung jawab dengan apa yang telah di perbuatnya. Untuk itu sebelum kita bertindak kita harusnya lebih bisa berpikir tentang dampak apa yang di timbulkan dari tindakan kita.
5.      Konsisten
orang akan sulit untuk melakukan sesuatu tindakan dengan konsisten. Bila kita mempunyai pegangan yang baik, tujuan yang baik, bisa mengevaluasi diri, bisa bertanggung jawab, tapi tidak bisa konsisten maka semua akan menjadi percuma.


Itulah beberapa cara yang bisa membuat anda memimpin diri anda sendiri, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.

0 Response to "Prinsip memimpin diri sendiri"

Post a Comment